Paylater atau Kartu Kredit, Mana Paling Bagus Saat Ini?

Paylater atau Kartu Kredit, Mana Paling Bagus Saat Ini?

Perkembangan digital mau tidak mau akhirnya menciptakan disrupsi. Salah satu yang kini terdampak adalah kartu kredit. Hadirnya pay later membuat kartu kredit lambat laun makin ditinggalkan. Selain sifatnya yang lebih eksklusif, fiturnya pun sudah jauh tertinggal dibandingkan dengan pay later. Apa yang disediakan oleh kartu kredit hampir bisa dilakukan oleh pay later.

Salah satu keuntungan pay later adalah terbuka bagi siapapun dengan persyaratan yang lebih ringan, ringkas dan mudah. Penyedia pinjaman online cepat cair cukup ktp hampir dipastikan punya produk pay later. Cicilan yang diberikan nol persen dengan tenor tertentu. Hampir mirip-mirip dengan yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Tapi, jika digali lebih dalam lagi tentu saja masih ada kelebihan kartu kredit yang tidak bisa digantikan oleh pay later. Mengingat kartu kredit tertentu punya keunggulan dan jaringan yang sudah dikelola lebih lama dibandingkan pay later.

Untuk mengetahui seberapa jauh antara keduanya, kita coba ulas satu per satu kira-kira untuk saat ini mana yang paling bagus antara pay later atau kartu kredit?

Proses pengajuan member

Pengajuan memiliki kartu kredit seperti yang diketahui memiliki syarat yang ketat. Semakin tinggi level kartu kreditnya semakin berat pula syarat-syaratnya. Biasanya diambil dari pengeluaran atau transaksi perbankan. Pun jika sudah memiliki tabungan, prosesnya tidak semudah yang dibayangkan. 

Karena hal itulah yang diambil peluangnya oleh fintech dengan mengembangkan pinjaman online cepat cair cukup ktp saja. Salah satu produk yang disediakan adalah pay later. Meski limit yang diberikan kecil mulai dari Rp500 ribu, namun jika frekuensi penggunanya cukup sering justru malah menguntungkan.

Selain itu, beberapa dompet digital pun memberikan prasyarat yang lebih mudah. Selama transaksi di dompet digitalnya tercatat baik, biasanya pengguna bisa mendapatkan penawaran mengaktifkan fitur pay laternya. Secara proses pengajuan member, pay later jauh lebih mudah dibandingkan dengan kartu kredit.

Besaran bunga cicilan dan tenor

Untuk besaran bunga kartu kredit bervariasi tergantung penyedia atau providernya. Sesuai dengan kebijakan Bank Indonesia suku bunga kartu kredit yang tadinya sebesar 2% menjadi 1,75%. Sedangkan untuk pay later seperti disebutkan oleh Asosiasi Pendanaan Fintech Indonesia maksimal 0.8% per hari atau maksimal 24% per bulan. 

Melihat rentang bunga tersebut memang cukup jomplang. Namun demikian, tidak semua pay later menerapkan bunga 24% per bulan. Malahan ada yang hanya menetapkan biaya admin saja sebesar 1% per bulan untuk tenor 30 hari dan 3 bulan seperti yang ditawarkan oleh Kredivo. 

Kredivo tawarkan cicilan 0% persen tenor 3 bulan

Selain menawarkan pinjaman tunai secara online, Kredivo juga menawarkan fitur pembayaran lewat pay later dengan biaya admin 1% saja per bulan. Transaksinya bisa dilakukan secara online maupun offline. Untuk pay later online bisa diakses langsung lewat marketplace dan nanti pilih pembayaran lewat Kredivo dengan skema bayar dalam 30 hari dan 3 bulan.

Untuk pay later offline, tinggal datang ke konter atau merchantnya, lalu transaksi menggunakan scan barcode. Beberapa merchant yang sudah bekerja sama dengan Kredivo seperti McD, IKEA, Electronic City, Erafone dan lain sebagainya.

Kelebihannya, Kredivo punya jaringan merchant yang cukup luas lebih dari +1000 merchant yang di Indonesia termasuk beberapa marketplace besar seperti Tokopedia, JD.ID, Blibli, Bukalapak dan juga Shopee.  

Untuk pay later yang ditawarkan oleh Kredivo kini tenornya menjadi lebih panjang yaitu pilihan tenor 30 hari dan 3 bulan dengan bunga nol persen. Untuk cicilan nol persen ini tidak berlaku untuk pinjaman tunai. Untuk cicilan 6 bulan dan 12 bulannya tetap dikenakan bunga cicilan sebesar 2,6% per bulan. 

Leave a Reply