Niat Serta Tata Cara Pelaksanaan Sholat Taubat

Niat Serta Tata Cara Pelaksanaan Sholat Taubat

Inilah Tata Cara Sholat Taubat yang Benar - Bersama Islam
source gambar : bersamaislam.com

Seperti fitrahnya manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang tidak pernah luput dari segala dosa dan kesalahan, setiap jiwa yang bernyawa pastilah pernah melakukan kesalahan selama hidupnya baik itu disadari maupun tidak disadari.

Bahkan diantara sekian banyak dosa dan kekhilafan yang telah kita lakukan mungkin satu diantaranya termasuk kedalam golongan dosa besar. Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan kita sebagai manusia untuk menebus dosa-dosa tersebut kepada Allah SWT yaitu dengan melaksanakan shalat taubat.

Shalat taubat merupakan salah satu shalat sunnah yang dilakukan ketika kita ingin memperoleh ampunan dari Allah SWT atas segala dosa yang telah kita lakukan selama hidup di dunia. Dengan melaksanakan shalat taubat ini InsyaAllah kita akan mendapatkan nikmat dan juga ketenangan hati yang luar biasa.

Sebelum melaksanakan shalat taubat ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti niat shalat taubat dan juga tata cara pelaksanaan shalat taubat tersebut. Yuk kita simak urutan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan shalat taubat.

            Sebelum anda memulai melaksanakan shalat taubat, anda diharuskan bewudhu dengan khusyu kemudian mengawali shalatnya dengan membaca niat, niat shalat taubat adalah :

Ushalli sunnatan taubati rokaataini lillahi taala

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

Kemudian setelah membaca niat shalat taubat barulah kita bisa memulai shalat tesebut sesuai dengan tata cara sebagai berikut :

  • Mengucapkan niat shalat taubat baik diucapkan maupun hanya didalam hati.
  • Takbiratul Ihram pertama
  • Membaca Iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat-surat pendek di alquran
  • Rukuk
  • I’tidal
  • Sujud Pertama
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud Kedua
  • Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua dengan melaksanakan urutan tata cara yang sama hanya saja tanpa membaca ifititah kembali, dan setelah sujud kedua diakhiri dengan membaca tasyahud akhir dan mengucap salam.

Setelah selesai melaksanakan shalat taubat ada baiknya anda tetap duduk untuk memperbanya istigfar kepada Allah SWT, bacaan tersebut dibacakan sampai hati merasa tersentuh dan menyesali segala perbuatan dosa yang pernah kita lakukan selama hidup. Berikut ini merupakan bacaan istigfar yang bisa anda lantunkan :

“Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi”


Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.” 

Setelah anda merasa cukup membaca istigfar maka doa selanjutnya yang bisa anda lantunkan yaitu doa berikut :

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”


Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.” 

Setelah anda selesai membaca doa tersebut berarti anda telah menyelesaikan tata cara melaksanakan shalat taubat. Semoga bacaan ini dapat bermanfaat bagi anda yang hendak melaksanakan shalat taubat dan semoga Alah SWT menerima shalat taubat yang anda lakukan.

Leave a Reply