Mulai Ikan Sampai Rujak, Inilah 10 Makanan Khas Bali yang Unik

Mulai Ikan Sampai Rujak, Inilah 10 Makanan Khas Bali yang Unik

Tipat Cantok Khas Bali #JagoMasakMinggu9Periode3
source gambar : yummy.co.id

Makanan khas Bali rasanya tidak afdol kalau tidak dicoba saat jalan-jalan ke Pulau Dewata. Terdapat beraneka ragam kuliner khas yang dapat Anda coba di Bali. Mulai dari makanan yang dimasak dengan aneka rempah-rempah sampai kue sebagai dessert pun tersedia. Langsung saja, intip rekomendasi menu hidangan khas Bali berikut ini.

  1. Jukut Ares

Hidangan tradisional Bali, sejarahnya sudah dipengaruhi oleh aneka masakan China, India, serta Timur Tengah. Tak heran kalau makanan khas Pulau Dewata kaya akan rempah-rempah.

Sesuai namanya, bahan utama dari makanan khas Bali ini yakni batang pohon pisang atau disebut ares. Disajikan dengan kuah kaldu tulang hewan. Cita rasanya pedas gurih membuat jukut ares cocok dinikmati saat musim hujan tiba.

  1. Ikan Asap Sambal Matah

Makanan khas Bali yang banyak ditemukan di Pulau Serangan ini, jadi hidangan yang wajib Anda coba. Menawarkan cita rasa yang pedas, ikan yang sering digunakan yakni tongkol atau tuna.

  1. Tipat Cantok

Makanan khas Bali selanjutnya yakni tipat cantok. Hidangan ini adalah olahan dari ketupat. Lalu diaduk aduk bersama dengan bumbu. Dalam penyajiannya tipat cantok pun akan dihidangkan dengan aneka sayuran. Sekilas makanan ini mirip gado-gado.

  1. Nasi Tepeng

Nasi tepeng sesungguhnya mirip dengan nasi campur, tapi variasi lauknya yang jadi pembeda. Di kuliner satu ini variasi lauknya lebih beragam. Khususnya memakai sayuran yang berserat.

  1. Nasi Campur Bali

Bali sendiri memiliki hidangan nasi campur khasnya, yang banyak dijual di berbagai rumah makan. Lauk yang biasa ditemui yakni lawar ayam, jukut urap, tum ayam, kacang tanah goreng, juga sambal matah.

  1. Jukut Urab

Jukut urab pun menjadi salah satu hidangan yang disajikan bersama nasi campur. Menu satu ini dapat dibilang nyaris mirip dengan urapan sayur yang terdapat di Jawa. Namun, bedanya, jukut urab dihidangkan bersama jeruk nipis serta kacang goreng.

  1. Serombotan Klungkung

Serombotan klungkung merupakan hidangan dengan isian berupa sayuran, lalu diberi aneka jenis bumbu. Sayur yang banyak dipakai dalam hidangan ini umumnya yakni kangkung, bayam, buncis, kacang panjang, kecambah, serta terong bulat.

  1. Entil

Entil merupakan kuliner khas dari wilayah Pupuan. Bentuknya mirip dengan ketupat. Walau bentuk entil lebih pipih serta menakai pembungkus dari daun talengidi atau nyelep, tapi cara pembuatannya menyerupai ketupat.

  1. Rujak Kuah Pindang

Ciri utama dari hidangan rujak kuah pindang ada pada sambalnya atau kuahnya. Karena makanan ini terbuat dari kuah ikan pindang.

Sensasi cita rasa segar buah-buahan berpadu dengan rasa pedas dari kuah pindang. Hal tersebut jadi daya tarik tersendiri dari hidangan satu ini.

  1. Tum Bali

Biasa ditemukan dalam hidangan nasi campur, pasti tum Bali ini tak boleh Anda lewatkan. Tum sendiri dapat disebut sebagai pepes dari Bali. Karena makanan ini diolah dengan cara memasukkan daging baik ayam maupun sapi ke dalam daun pisang.

Nah, itu tadi 10 rekomendasi makanan khas Bali yang unik. Salah satu kuliner Indonesia yang banyak diminati yakni kuliner yang asalnya dari Pulau Dewata. Yup, hidangan khas Bali tak boleh Anda lewatkan.

Apalagi jika Anda tengah berlibur mengunjungi pulau tersebut. Jadi, di antara berbagai menu di atas, mana yang menarik minat Anda untuk mencicipinya? Jika Anda ingin mengunjungi Bali dalam waktu dekat, Anda bisa beberapa daftar makanan tradisional Pulau Bali di atas, ya.

Leave a Reply