Apa itu Investasi P2P Lending? Amankah? Yuk Kenali Kriterianya!

Apa itu Investasi P2P Lending? Amankah? Yuk Kenali Kriterianya!

Investasi terkait pinjaman crowdfudning p2p lending adalah jenis investasi yang diwadahi secara online oleh situs terpercaya. Situs tersebut mempertemukan pemilik modal atau lender dengan pemilik bisnis yang membutuhkan suntikan dana tambahan atau borrower.

Kemudahan teknologi dan kemajuan zaman menuntut manusia untuk menjadi modern secara pemikiran, di luar tindak-tanduknya di luar saja. Pemikiran yang terbuka luas mesti diisi dengan pengetahuan terhadap segala sesuatu terkait kebaruan sistem praktis.

Pengertian Crowdfunding P2P Lending

Apa itu crowdfunding?P2P lending merupakan salah satu jenis investasi yang dapat membuat kekayaan kamu terus berlipat ganda dalam waktu singkat. Bahkan return yang ditawarkan bisa lebih dari 15 persen per tahun.

Kriteria Situs P2P Lending yang Aman

Saat ini, berapa saja modal dibutuhkan pemilik usaha bisa diajukan peminjamannya secara online. Tidak perlu uang besar dan melalui bank dengan proses ribet, Anda dapat bertindak sebagai pemilik modal yang membantu memajukan ekonomi bangsa. Berinvestasi pada situs p2p lending sangat aman, asalkan Anda memperhatikan kriteria berikut ini:

  • Terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

OJK adalah otoritas jasa keuangan yang menaungi dan mengawasi berbagai kegiatan di sektor keuangan. Tujuannya untuk melindungi konsumen dan masyarakat yang artinya ketika sebuah situs fintech terdaftar dalam OJK, terdapat kredibilitas di dalamnya.

Fintech adalah sarana yang menyediakan kemudahan peminjaman modal tambahan bagi pelaku usaha. Situs tersebut membuka peluang besar bagi pemilik uang untuk menanamkan modalnya pada UMKM terpilih. Pinjaman p2p lending memberi keuntungan untuk kedua belah pihak.

Meskipun tidak melibatkan bank, namun OJK sudah mengambil porsi penting untuk menarik kepercayaan pemilik usaha. Pemilik modal juga tidak perlu khawatir sebab segala sesuatu yang dilakukan oleh pihak pengelola fintech akan dipertanggungjawabkan kepada OJK.

  • Banyak Pilihan Proyek

Sebagai pemilik modal, tentu Anda tidak ingin uang tersalurkan untuk sesuatu yang tidak memberi timbal balik maksimal. Untuk itu sebuah peer to peer lending terbaik menyediakan banyak proyek. Anda dapat menyeleksinya sesuai dengan kriteria p2p terbaik.

Proyek yang baik harus memiliki rekam jejak positif, tidak berurusan dengan hukum dalam hal negatif, dan mampu memenuhi kebutuhan klien maupun konsumen. Ketika nilai-nilai tersebut melekat, maka uang Anda akan diputarkan menjadi lebih banyak dalam waktu cepat.

Ketika sudah meraih hasil dari proyek satu, Anda bisa menjajal proyek lain dengan tetap mempertimbangkan segala penilaian. Selektif dan pemilihlah sebagai penyuntik dana karena hal tersebut berpengaruh terhadap seberapa besar hasil di akhir.

Anda mendapatkan kesempatan meraih hasil timbal balik dari berbagai proyek kebutuhan mendasar, seperti makanan maupun kebutuhan tambahan atau tersier. Banyaknya proyek membuat pemilik dana dapat membandingkan satu dengan lainnya. Perbandingan tersebut dapat dilakukan tanpa harus mendatangi lokasi per lokasi.

  • Transparan dan Terpercaya

Pihak fintech terbaik tidak akan ragu untuk menunjukan data yang seharusnya ditujukan kepada pemilik dana. Transparansi ini dibutuhkan untuk membangun rasa percaya satu sama lain. Berapa persen untuk fintech dan berapa persen untuk pemilik uang harus transparan.

Dengan demikian, pemilik uang bisa mengkalkulasi keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Persoalan uang tidak akan habis menimbulkan konflik jika ada salah satu pihak tidak amanah. Untuk itu, ketika mendapatkan fintech terbaik pasti sangat menguntungkan.

Transparansi membangun kepercayaan bukan hanya antara pemilik uang dengan fintech, namun juga antara fintech dengan pebisnis, atau antara pebisnis dengan pemodal. Kepercayaan bukan hal mudah dan ketika terbangun harus benar-benar dipertahankan.

  • Asuransi Kredit

Meminjamkan dana atau bertindak sebagai pihak pemberi pinjaman p2p lending menyertakan Anda pada risiko di kemudian hari. Hal tersebut tidak bisa dihindari, namun Anda bisa mengantisipasinya dengan memanfaatkan fitur asuransi yang disediakan.

Investasi P2P Lending tidak terlepas oleh risiko. Pastikan Anda memilih platform crowdfunding p2p yang diawasi oleh OJK dan sesuai profil dan tujuan keuangan Anda sebelum memutuskan untuk mengembangan dana.

Memiliki dana terbatas, namun ingin membantu pemilik UMKM mendanai usaha mereka? Bisa! Bergabung saja menjadi lender Amartha.

Amartha merupakan platform equity crowdfunding Indonesia P2P Lending di sektor produktif yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mulai Rp100.000, Anda bisa meraih imbal hasil hingga 15% per tahun.

Leave a Reply