4 Manfaat Buah Pepaya yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah, Catat Ya!

4 Manfaat Buah Pepaya yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah, Catat Ya!

Pepaya adalah salah satu buah yang sangat mudah ditemui. Harganya juga sangat terjangkau, sehingga banyak orang yang rutin membeli buah ini untuk melengkapi asupan harian. Manfaat buah pepaya juga tak perlu diragukan lagi, buah khas negara tropis ini menyimpan banyak sekali nutrisi di dalamnya seperti antioksidan yang bisa mencegah peradangan dan melawan penyakit lainnya.

Rasa pepaya yang manis dengan warnanya yang cerah, menjadikan pepaya sebagai buah yang cukup populer. Di Indonesia sendiri buah pepaya biasanya paling sering dijadikan sebagai rujak atau yang paling mudah adalah membuatnya menjadi jus.

Namun, sebelum mengetahui manfaat buah pepaya, Kamu perlu tahu beberapa kandungan nutrisi dalam buah pepaya.

Mengutip The Self Nutrition Data, dalam satu buah pepaya kecil (152 gram) mengandung beberapa nutrisi seperti:

  • Kalori: 59
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 157 persen dari rekomendasi harian
  • Vitamin A: 33 persen dari rekomendasi harian
  • Folat (vitamin B9): 14 persen dari rekomendasi harian
  • Kalium: 11 persen dari rekomendasi harian
  • Magnesium dan vitamin B1, B3, B5, E dan K.
  • Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang dikenal sebagai karotenoid jenis likopen.

Terlebih lagi, tubuh bisa menyerap antioksidan bermanfaat dalam buah pepaya lebih baik daripada buah lainnya.

Berbagai Manfaat Buah Pepaya

Yuk Kamu lebih rutin lagi mengonsumsi buah pepaya karena ia memiliki manfaat yang cukup menakjubkan. antara lain:

  • Menangkal Radikal Bebas

Tahukah Kamu kalau manfaat buah pepaya bisa menangkal radikal bebas? Radikal bebas adalah molekul reaktif yang dibuat selama metabolisme tubuh. Mereka dapat meningkatkan stres oksidatif, yang kemudian bisa menyebabkan penyakit.

Untungnya, antioksidan seperti karotenoid yang ditemukan dalam pepaya, dapat menetralkan radikal bebas ini.

Mengutip penelitian pada 2006, tercatat bahwa pepaya yang difermentasi dapat mengurangi stres oksidatif pada orang dewasa yang lebih tua dan orang dengan prediabetes, hipotiroidisme ringan, dan penyakit hati.

Selain itu, banyak peneliti juga sangat yakin bahwa radikal bebas yang berlebihan di otak merupakan faktor penting dalam penyakit Alzheimer.

Penurunan stres oksidatif dikaitkan dengan kandungan likopen pepaya dan kemampuan menghilangkan kelebihan zat besi, yang diketahui menghasilkan radikal bebas.

  • Melawan Kanker

Penelitian dari U.S. National Institutes of Health menunjukkan bahwa likopen dalam pepaya juga dapat mengurangi risiko kanker.

Sehingga mungkin konsumsi pepaya secara rutin akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang sedang dirawat karena kanker.

Pepaya dapat bekerja dengan mengurangi radikal bebas yang berkontribusi pada kanker. Selain itu, pepaya mungkin memiliki beberapa efek unik yang tidak dimiliki buah lain.

Di antara 14 buah dan sayuran dengan sifat antioksidan yang diketahui, hanya pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker pada sel kanker payudara. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian sebelum rekomendasi dapat dibuat.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ingin jantung menjadi lebih sehat? Tak ada salahnya untuk menambahkan lebih banyak pepaya ke dalam makanan. Pasalnya, penelitian The American Journal of Medicine menunjukkan bahwa buah-buahan yang tinggi likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Antioksidan dalam pepaya juga dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol HDL “baik”

Dalam penelitian, orang yang mengonsumsi suplemen pepaya yang difermentasi selama 14 minggu mengalami lebih sedikit peradangan dan masalah jantung.

  • Dapat Memerangi Inflamasi

Peradangan kronis adalah akar dari banyak penyakit, dan makanan yang tidak sehat serta pilihan gaya hidup buruk juga bisa mendorong proses peradangan.

Studi menunjukkan bahwa buah-buahan dan sayuran kaya antioksidan seperti pepaya membantu mengurangi inflamasi. Misalnya, satu penelitian mencatat bahwa pria yang meningkatkan asupan buah dan sayuran yang tinggi karotenoid mengalami penurunan gejala inflamasi pada tubuhnya.

Nah itu tadi ulasan mengenai manfaat buah pepaya yang telah terbukti secara ilmiah, bahaya kebanyakan makan pepaya, dan cara mengolahnya.

Jadi, yuk Kamu jaga kesehatan keluarga dengan lebih rutin menyajikan buah pepaya untuk camilan atau untuk dicampurkan ke hidangan favorit keluarga. Untuk mendapatkan pepaya aneka jenis dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya.

Selain pepaya, Kamu juga dapat membeli aneka produk kebutuhan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply